Saturday, July 6, 2013

INSTRUCTIONAL TECHNOLOGY PERTEMUAN KE-8



MACROMEDIA FLASH
            Pada pertemuan ke-8 kali ini, kelas kami membahas tentang macromedia flash. Berikut ulasannya :
            Macromedia flash merupakan program aplikasi yang memungkinkan untuk pembuatan animasi. Animasi adalah suatu karya yang memiliki banyak elemen antara lain teks, gambar, suara, dan gerak. Animasi terdiri dari dua macam yaitu animasi 2D dan animasi 3D. Untuk animasi 2D dapat dibuat salah satunya menggunakan macromedia flash. Sedangkan untuk animasi 3D dapat dibuat menggunakan 3Ds Max dan lain-lain.
 Macromedia flash sering digunakan untuk membuat media presentasi maupun media pembelajaran. Hal ini karena lebih menarik dan dapat didesain sesuai dengan kebutuhan, menggantikan Ms. Power point yang konvensional dan cenderung statis (kita tidak dapat mengkostumisasi secara bebas). Untuk membuat suatu media pembelajaran dengan macromedia flash, tidak diharuskan memiliki keahlian khusus. Akan tetapi, jika sudah memiliki keahlian dalam desain grafis maka sangat membantu.
Komponen menu yang sering digunakan untuk pembuatan media pembelajaran antara lain:
a. File-new : untuk membuka lembar kerja yang baru.
b. File-open : untuk membuka lembar kerja yang pernah dibuat.
c. File-save : untuk menyimpan file, secara otomatis akan ber-ekstensi *.fla dan *.swf
d. File-publish setting: untuk mengatur jenis file ketika menyimpan, terdiri dari *.swf, *.gif, *.jpeg, *.exe, *.html dan lain-lain.
e. Edit-paste in place : digunakn untuk menempatkan duplikat sesuai pada posisi awal objek yang di copy.
f. Insert-scene : untuk membuat scene yang baru. Scene bisa diartikan seperti sebuah drama, maka scene adalah episode yang berisi cerita yang lain.
g. Window-library : untuk memunculkan daftar objek yang kita buat.
h. Window-common library : untuk memunculkan daftar objek yang sudah ada pada flash. Kita tidak perlu membuatnya, tinggal menggunakan saja, misalnya tombol-tombol dan lain-lain.
i. Untuk menu-menu yang lain, bisa diakses dengan perintah yang lebih sederhana dan lebih cepat.

No comments:

Post a Comment