Saturday, July 6, 2013

INSTRUCTIONAL TECHNOLOGY PERTEMUAN KE-4



ASSURE
            Pada minggu ke-4 ini, kelas Instructional technology membahas tentang model pembelajaran ASSURE. Berikut hasil diskusi kelompok kami tentang model pembelajaran ASSURE:
ASSURE adalah suatu mnemonic atau singkatan yang mudah dihapalkan oleh peserta belajar. ASSURE berbentuk suatu kata yang mempunyai arti khusus yaitu to make sure atau dalam bahasa Indonesia berarti meyakinkan.
ASSURE terdiri atas enam komponen seperti rumusan kata itu sendiri. Setiap huruf mempunyai arti, yaitu
Analyze Learner (menganalisis peserta belajar)
State Objectives (merumuskan tujuan pembelajaran atau kompetensi)
Select methods, media, and materials (memilih metode, media dan bahan ajar)
Utilize media and materials (menggunakan media dan bahan ajar)
Require learner participation (mengembangkan peran serta peserta belajar)
Evaluate and Revise (menilai dan memperbaiki)

Ditinjau dari struktur, maka ASSURE dirumuskan berdasarkan kata kerja tertentu yaitu analyze, state, select, utilize, require, dan evaluate. Seluruh kata kerja ini menunjuk pada kegiatan atau pekerjaan yang harus dilakukan oleh widyaiswara untuk mengelola PBM.
Berikut ini adalah analisis masing masing komponen dari model disain pembelajaran ASSURE
1. Analyze Learner
Pada disain pembelajaran, peserta belajar adalah hal terpenting. Apapun bentuk produk, model disain pembelajaran maka semua upaya diwujudkan demi kelancaran proses belajar. Dalam melakukan analisis peserta belajar ada beberapa hal yang perlu dilakukan misalnya karakteristik umum peserta belajar, kompetensi awal yang menjadi modal dasarnya, gaya belajar dari peserta belajar, aspek psikologis dari peserta belajar dan banyak lagi sesuai dengan kebutuhan.
2. State Objective
State objective atau merumuskan tujuan pembelajaran
Bagi Smaldino, dkk “An objective is a statement of what will be achieved, not how it will be achieved”. Jadi merumuskan tujuan pembelajaran dapat menggunakan rumusan tujuan dengan model ABCD , yang berarti :
A = audience, pebelajar dengan segala karakteristiknya.
B = behavior, kata kerja yang menjabarkan kemampuan yang harus dikuasai;
C = conditions, situasi kondisi yang memungkinkan bagi pebelajar dapat belajar dengan baik; dan
D = degree, persyaratan khusus yang dirumuskan sebagai standar baku pencapaian tujuan pembelajaran.
Tujuan pembelajaran juga dapat dinyatakan dalam bentuk pernyataan kompetensi dasar dan indikator keberhasil yang hendak dicapai pada akhir proses pembelajaran.

No comments:

Post a Comment